Senin, 01 Oktober 2012

Situs Candi Yang Masih Terpendam di Dieng Plateau


Kompleks Candi Arjuna merupakan kawasan situs yang paling menonjol ketika berwisata di Dataran Tinggi Dieng. Namun keberadaann Kompleks Candi Arjuna itu hanya sepersekian persen dari total situs yang berada di Dataran Tinggi Dieng yang sebagian besar masih terpendam dan belum diekskavasi.
Sebuah area lahan yang berada di belakang pos penarikan karcis atau disebelah belakang Situs Gangsiran Aswotomo ini. Tidak ada petunjuk dan informasi mengenai situs ini karena sama sekali belum dilakukan ekskavasi dan sementara hanya dibiarkan saja sebagai lahan rumput yang kadang digunakan untuk mengumbar ternak domba Texel atau domba Dieng.
Walaupun sebagian besar area situs yang tak bernama ini masih terpendam dan tertutup rumput, dibeberapa bagian masih terlihat jelas struktur alas bangunannya. Susunan batuan yang ada menunjukkan bahwa situs ini mirip dengan bangunan pada situs Dharmasala. Potongan batu yang disusun memanjang dan diperkirakan sebagai alas dan pondasi bangunan.
Bila dilakukan penelitian lebih lanjut, situs ini diperkirakan memiliki fungsi sebagai kawasan pemukiman atau tempat tinggal pada zaman dahulu karena lokasinya berdekatan dengan sumber air yaitu Situs Gangsiran Aswotomo yang memiliki sumur berjumlah sembilan buah. Diharapkan segera dilakukan penelitian dan ekskavasi untuk mengetahui kebenarannya dan menyelamatkan batuan candi dari kerusakan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar